Senin, 30 Januari 2017

Pengertian Aransemen dalam Musik




Pengertian Aransemen Dalam Musik


Pengertian aransemen adalah suatu cara atau tehnik dalam menyesuaikan komposisi musik dengan instrument musik atau suara penyanyi yang berdasarkan pada komposisi lagu yang telah ada, sehingga bisa dikatakan esensi pencapaian artistik dari musik aslinya tidak berubah


Jenis Aransemen:

1. Aransemen vokal
Setiap lagu dapat disusun aransemen khusus vokal adalah dalam dua suara, tiga suara, empat suara. Untuk menyusun aransemen vokal, yang paling mudah adalah menyusun aransemen lagu dalam dua suara, karena untuk menyusun aransemen lagu dalam tiga dan empat suara ada banyak persyaratan yang harus diperhatikan.
Untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan memuaskan, setelah selesai disusun aransemen lagunya kemudian dicoba untuk dinyanyikan secara bersama-sama, apabila dirasa kurang baik atau kurang memuaskan maka dapat dicoba lagi untuk menyusun aransemen lagu tersebut hingga pada akhirnya diperoleh hasil yang sangat memuaskan.


2. Aransemen instrumen
Dalam menyusun aransemen instrumen sangat berbeda dengan aransemen vokal. Untuk menyusun aransemen instrumen kita harus menyesuaikan dengan alat-alat musik yang dipergunakan. Semakin lengkap alat musik yang kita pergunakan, semakin banyak pula kemungkinan variasi yang dapat diciptakan. Untuk menyusun aransemen instrumen, kita harus berpedoman pada pengetahuan ilmu harmoni dan akord.

Bagian-bagian dari suatu aransemen musik dikenal dengan istilah
a. Partituur (Belanda).
b. Partitura (Italia).
c. Part (Inggris).
d. Parte (Perancis).

Dan dalam aransemen instrumen, kebanyakan partitur dimainkan bergantian tugas, sedangkan dalam aransemen vokal pada umumnya semua partitur umumnya berbunyi bersamaan.


3. Aransemen campuran

Aransemen campuran adalah campuran aransemen vokal dan instrumen. Teknik yang dilakukan adalah vokalnya menggabungkan dua jenis aransemen yang telah ada. Dalam aransemen campuran pada umunya yang ditonjolkan adalah vokalnya, sedangkan instrumennya berfungsi untuk pengiring dan memeriahkan, sehingga pertunjukan yang disajikan bertambah sempurna.
Untuk mengendalikan keseimbangan dalam menampilkan aransemen yang telah disusun diperlukan adanya seorang pemimpin yaitu seorang dirigen atau conductor.

Teknik mengaransemen lagu

Secara umum terdapat 3 unsur utama di dalam musik yang harus diperhatikan saat membuat aransemen yakni antara lain sebagai berikut :


1. Ritme dan pola ritme


Ritme adalah panjang pendeknya bunyi yang bergerak secara teratur. Sedangkan pola ritme adalah bentuk pengulangan dari pengembangan bangunan ritme yang digunakan oleh frase melodi atau kelompok frase melodi.


2. Melodi

Melodi adalah rangkaian sejumlah nada yang disusun dan dibunyikan secara runtut dan teratur.


3. Harmoni

Harmoni adalah perpaduan nada-nada melodi dengan pola ritme yang serasi dan selaras sebagai satu kesatuan utuh suatu karya seni.








1 komentar: